Rabu, 06 April 2011

Seperti Apa Anak-Anak di Kelas Anda? (4 Karakteristik Dasar Sifat Manusia)

Pernah pusing menghadapi berbagai tingkah laku dan sikap anak didik?
Atau, bahkan marah karenanya?
Menurut ilmu psikologi, ada empat karakteristik dasar manusia (Florence Littauer: Personality Plus). Berikut penjelasannya:
Seorang Melankolis yang Sempurna adalah orang yang mendalam dan penuh pemikiran, analitis, serius dan tekun, cenderung jenius, berbakat dan kreatif, artistik dan musikal, filosofis dan puitis, menghargai keindahan, perasa terhadap orang lain, suka berkorban, idealis, menetapkan standar tinggi.
Ia ingin segalanya dilakukan dengan benar, mengorbankan keinginan sendiri ntuk yang lain, mendorong intelegansi dan bakat, berorientasi jadwal, perfeksionis, standar tinggi, sadar perincian, gigih dan cermat, tertib dan terorganisir, teratur dan rapi.
Ia sangat hati-hati dalam berteman, menghindari perhatian, setia dan berbakti, mau mendengar keluhan, dan mencari teman yang ideal.

Seorang Sanguinis yang Populer adalah seseorang yang berkepribadian menarik, suka berbicara, menghidupkan pesta, mempunyai rasa humor yang hebat, secara fisik memukau pendengar, emosional dan demonstratif, antusias dan ekspresif, periang dan penuh semangat.
Ia adalah orang yang penuh rasa ingin tahu, baik di panggung, hidup di masa sekarang, mudah diubah, berhati tulus, selalu kekanak-kanakan, sukarelawan untuk tugas, memikirkan kegiatan baru, tampak hebat di permukaan, kreatif dan inovatif, punya antusiasme, mulai dengan cara cermelang, mengilhami orang untuk ikut.
Dan hebatnya lagi, ia mempesona orang lain untuk bekerja, mudah berteman, mencintai orang, suka dipuji, tampak menyenangkan, dicemburui orang lain, bukan pendendam, cepat minta maaf dan suka kegiatan spontan.

Seorang Koleris yang Kuat adalah seorang yang berbakat pemimpin, aktif dan dinamis, sangat memerlukan perubahan, harus memperbaiki kesalahan, berkemauan kuat dan tegas, tidak emosional bertindak, tidak mudah patah semangat, bebas dan mandiri.
Ia memancarkan keyakinan, berorientasi target, melihat seluruh gambaran, terorganisasi dengan baik, mencari permasalahan praktis, bergerak cepat untuk bertindak, mendelegasikan pekerjaan. Kelebihannya lagi, ia berkembang dengan saingan, tidak terlalu perlu teman, dan unggul dalam keadaan darurat.

Seorang Phlegmatis yang Damai adalah seorang yang berkepribadian rendah hati, mudah bergaul dan santai, sabar, hidup konsisten, tenang tapi cerdas, simpatik dan baik hati, menyembunyikan emosi, bahagia menerima kehidupan, tidak tergesa-gesa, bisa mengambil yang baik dari yang buruk.
Ia tidak mudah marah, damai dan mudah sepakat. Menjadi penengah masalah, menghindari konflik, baik di bawah tekanan, menemukan cara yang mudah, pendengar yang baik, mudah diajak bergaul, tidak suka menyinggung, suka mengawasi orang, punya banyak teman, serta punya belas kasih dan perhatian.
Nah, seperti apa anak-anak di kelas anda?
Pertanyaan ini rasanya harus segera anda jawab. Karena, dengan mengetahui karakter dasar mereka, anda akan bisa memahami mereka. Segala sikap anda pada mereka adalah implementasi dari bentuk simpati dan empati anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar